Minggu, 04 September 2011

Promotion Mix

 Promotion mix merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal
Promotion mix dilakukan dalam lima bentuk usaha pemasaran, yaitu :
1) Advertising (Iklan)
2) Sales Promotion (Promosi Penjualan)
3) Public Relations (Hubungan Masyarakat)
4) Personal Selling (Penjualan Langsung)
5) Direct Marketing (Pemasaran Langsung)


 Disini saya akan mencoba menganalisa suatu perusahaan yang menggunakan promotion mix untuk memasyarakatkan produknya dan meningkatkan penjualannya. Perusahaan yang akan saya analisa yaitu perusahaan minuman TEH BOTOL SOSRO.




 PT SINAR SOSRO berdiri pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Salah satu produk unggulan PT. SINAR SOSRO adalah Tehbotol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB (Returnable Glass Bottle).
 Produk ini sudah dikenal oleh semua golongan masyarakat, khususnya di Indonesia. Tehbotol Sosro memiliki slogan yang sudah tidak asing lagi ditelinga konsumennya, yaitu "apapun enaknya minumnya Tehbotol Sosro".


 Ada Beberapa macam promosi yang dilakukan oleh PT SINAR SOSRO untuk memasyarakatkan produknya, khususnya Tehbotol Sosro:


  1. Promosi dengan menyelenggarakan event

 Didalam memasyarakatkan produknya, Tehbotol Sosro mengadakan beberapa event antara lain dengan aktivitas Promo ATL (Above The Line) dan Promo BTL (Below The Line), acara buka bersama tiap tahunnya, mengadakan launching event dibeberapa negara dll.  
 Itu semua merupakan salah satu strategi market yang dilakukan perusahaan Tehbotol Sosro didalam menggaet konsumen.

2. Promosi dengan menggunakan film

Tehbotol Sosro Present "Film 3D SAGA"
SAGA Film 3D Stereoscopic karya anak bangsa pertama di Indonesia.
Tehbotol Sosro dengan bangga mempersembahkan Film Animasi SAGA yakni Film tentang Jagoan cilik pemberantas kejahatan bernama SAGA. 
Selain Menonton Film 3D SAGA, juga akan mendapatkan harga Special Tehbotol Sosro dan hadiah seru Action Figure. Dengan adanya Tehbotol Sosro mempersembahkan Film Animasi SAGA, itu sebagai strategi market untuk menggaet konsumen namun disini lebih fokus pada kalangan anak-anak. 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar